Pentingnya Inspeksi Alat Pemadam Kebakaran

Pada kegiatan intensifikasi pengawasan pangan pada makanan dan minuman kemasan di beberapa ritel modern di Kota Balikpapan, kepala BPBD yang turut serta juga menyempatkan melihat alat pemadam kebakaran dan rambu/petunjuk bencana yang tersedia pada ritel modern tersebut.

Pemeriksaan alat kebakaran atau lazim disebut inspeksi alat kebakaran merupakan langkah penting dalam upaya mengantisipasi bencana khususnya kebakaran di ruang tertentu. Dengan rutin melaksanakan pemeriksaan maka alat pemadam yang tersedia dipastikan masih dapat digunakan secara prima.

Pada kesempatan ini, dihimbau kepada seluruh pemilik/pengelola gedung agar memperhatikan keberadaan alat pemadam di bangunannya dan memberikan arah petunjuk yang jelas apabila terjadi bencana.
 

Tips langkah - langkah pemeriksaan APAR : :
1. Periksa label atau kartu historis yang ada pada APAR. Kartu ini memuat informasi tentang APAR dan inspeksi sebelumnya.
2. Setelah itu periksa manometer (jika APAR menggunakan pressure gauge). Manometer akan memberikan informasi tekanan dalam tabung, apakah masih normal atau perlu diisi ulang. Jika jarum pada manometer masih di area hijau berarti tekanan masih dalam keadaan normal. Namun jika jarum semakin turun, maka perlu dilakukan pengecekan dan isi ulang tekanan.
3. Lakukan pengecekan untuk APAR dengan sistem cartridge, pengecekan tekanan bisa dilakukan dengan memastikan segel pada cartridge. Jika segel cartridge masih utuh dan tidak cacat, maka dapat dipastikan tekanan masih terjaga.
4. Periksalah safety pin, jika dalam keadaan rusak atau terputus, berarti APAR sudah pernah dioperasikan. Jika sudah pernah dipakai, maka harus dilakukan pengisian ulang sesuai dengan medianya. Tabung APAR juga harus dicek kebocorannya.
5. Langkah berikutnya adalah mengecek selang atau hose. Selang tidak boleh dalam keadaan tertekuk, retak maupun berlubang. Jika selang rusak, maka harus segera diganti.
6. Selanjutnya periksa komponen pada ujung selang atau nozzle agar dapat menyalurkan output dari selang dan tidak tersumbat.
7. Setelah semua langkah di atas dilakukan, berikutnya pembaca harus mengisi kartu check list pada APAR. Isi semua informasi mengenai inspeski APAR yang dilakukan.